Mencari Metrik Pemimpin yang Relevan

Mencari Metrik Pemimpin yang Relevan

Perputaran karyawan yang rendah bukanlah masalah bagi pemimpin yang baik. Faktanya, telah diterima secara luas bahwa stabilitas angkatan kerja jangka panjang dicapai karena kepemimpinan yang baik. Penggunaan metrik pemimpin akan membantu mengatasi perilaku yang harus ditunjukkan oleh manajer senior dan pemimpin untuk mendukung pertumbuhan organisasi.

Beberapa fungsi paling penting dari manajer dalam suatu organisasi termasuk menentukan tujuan, menetapkan standar kinerja, dan mengidentifikasi kinerja minimum yang dapat diterima atau memuaskan. Mengingat sifat fungsi mereka dan penempatannya dalam struktur organisasi, manajer memegang kekuasaan formal atas anggota organisasi lainnya. Agar manajer menjadi efektif dalam apa yang mereka lakukan, mereka harus menjadi pemimpin yang baik. Meskipun kedua istilah tersebut Seorang Pemimpin dapat dengan mudah disalahartikan sebagai satu sama lain, pemimpin berbeda dari manajer, karena manajer memiliki “pengikut” sedangkan manajer memiliki “bawahan”. Sebuah organisasi mungkin memiliki pemimpin dan manajer. Sedangkan manajer dapat menegaskan otoritasnya dengan memberikan tujuan, mengukur kinerja, dan memantau kemajuan pekerjaan,

Metrik kepemimpinan adalah ukuran yang dapat bobby nasution digunakan dalam menentukan dan mengevaluasi potensi dan strategi kepemimpinan seorang manajer, atau bahkan seorang bawahan yang menunjukkan janji besar sebagai seorang pemimpin. Metrik ini dikategorikan menjadi “metrik masukan” dan “metrik keluaran”. Metrik input digunakan untuk mengukur investasi, perilaku, dan sumber daya lain yang diperlukan untuk mendapatkan tujuan yang diinginkan. Metrik keluaran, di sisi lain, mewakili hasil untuk kategori metrik. Contoh metrik masukan kepemimpinan mencakup persentase waktu eksekutif perusahaan yang dihabiskan untuk inovasi strategis vis a vis operasi perusahaan sehari-hari, persentase produk, layanan atau proyek inovasi strategis dengan sponsor eksekutif, dan persentase manajer dengan pelatihan dalam alat dan konsep inovasi.

Salah satu tujuan terpenting dari kepemimpinan manajemen adalah penegakan prinsip toleransi nol terhadap pemborosan atau cacat dalam operasi perusahaan. Ini adalah wujud komitmen perusahaan untuk selalu berusaha meraih kesuksesan, bukan hanya puas dengan sesuatu yang kurang. Berdasarkan tujuan khusus ini, metrik yang dapat digunakan untuk mengevaluasi bagaimana pemimpin menetapkan visi ini adalah tingkat persediaan yang ditetapkan minimal. Inventaris biasanya menyembunyikan limbah dari cacat proses; perputaran persediaan yang tinggi harus menjadi tujuan semua orang. Perputaran persediaan mengacu pada frekuensi perusahaan memperbarui atau mengubah inventarisnya.

Namun demikian, untuk merasakan manfaat maksimal dari penggunaan metrik pemimpin, penting untuk memilih hanya metrik yang relevan dengan keberhasilan organisasi. Metrik yang dipilih harus konsisten dengan sifat operasi organisasi. Selain itu, disarankan agar manajer perusahaan hanya menentukan beberapa metrik penting terlebih dahulu, daripada menggunakan beberapa metrik yang tidak akan benar-benar membantu dalam menganalisis strategi kepemimpinan yang digunakan di tempat kerja. Akhirnya, metrik yang dipilih harus dikomunikasikan kepada manajer dan bawahan, agar mereka memiliki gagasan yang lebih baik tentang standar kinerja yang seharusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *